Prevalensi/ Angka Kejadian Diabetes Mellitus Di Indonesia

Posted on April 17, 2010

0


Bila kita bicara tentang penyakit Diabetes, pasti langsung terbayang, apakah penyakit ini “Mematikan”?. Dari beberapa sumber yang saya baca, bahwa angka prevalensi atau kejadian penyakit ini, sangatlah tinggi. Dan sangat disayangkan, bahwa penyakit ini sebenarnya tidak dpat untuk disembuhkan. Mengapa? Karena penyakit ini adalah bersifat Degenatif, dimana progresifitas penyakit akan bertambah seiring bertambahnya usia si penderita.

Sebelum saya berbagi tentang apa yang dimaksud dengan Diabetes Mellitus, apa saja komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit ini, gejala khas yang terlihat untuk mendeteksi secara dini penyakit diabetes, bagaimana pengelolaannya serta terapi apa saja yang dianjurkan secara ilmu farmasi dan kedokteran, saya akan berbagi dahulu, berapa jumlah prevalensi kejadian Diabetes Mellitus di Indonesia dengan parameter pengukuran, beberapa daerah penting seperti Jakarta dan daerah lain di Indonesia.

Angka kekerapan (prevalensi) Diabetes Mellitus di Indonesia berkisar antara 1,4-1,6%, kecuali di Manado(6%). Penelitian di kelurahan Kayuputih yang merupakan contoh daerah perkotaan menghasilkan angka kekerapan sebesar 5,6%, sedangkan di daerah pedesaan Jawa Barat sebesar 1,1%.

Di Indonesia pasien Diabetes Mellitus tipe 2 merupakan diabetes yang paling banyak ditemukan, Diabetes Mellitus tipe 1 sangat jarang.

Tendensi kenaikan tingkat kekerapan penyakit Diabetes Mellitus (terutama tipe 2) disebabkan karena ;

a. Faktor Demografi (Jumlah penduduk meningkat, Penduduk usia diatas 40 tahun meningkat, Urbanisasi)

b. Gaya Hidup Kebarat-baratan (Income per kapita tinggi, Restoran ‘cepat saji’/ fast food, Kurang olahraga/sedentary lifestyle)

c. Berkurangnya Penyakit Infeksi Dan Kurang Gizi. Dengan berkurang penyakit infeksi, karena proses sanitasi dan kebersihan yang cukup, sebaliknya “Penyakit Akibat Gaya Hidup Enak” bertambah jumlahnya.

Dengan membaca artikel ini, semoga ada gambaran untuk kita, bahwa prevalensi Diabetes sudah sangat besar, dan mungkin saja dapat merambah ke kota, desa sampai dengan keluarga kita serta saudara-saudara kita yang kita sayangi. Untuk itu, maka baca juga posting artikel tentang Diabetes di situs ini disini, agar kita dapat mencegah dan menghilangkan Diabetes dari Keluarga kita yang kita cintai.
Semoga artikel ini bermanfaat!!

About these ads