Bagaimana Menyiasati Penggunaan Handphone Agar Aman Untuk Kesehatan Anda?

Posted on Oktober 20, 2010

2


Tips Aman Menggunakan Handphone – Penggunaan telepon genggam saat ini sudah mencapai milyaran orang diseluruh dunia dan hal ini tentu saja membawa perubahan gaya hidup. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi bahaya radiasi atau bahaya lainnya akibat penggunaan telepon genggam untuk Anda.

Apa saja Tips Aman Untuk Menggunakan Handphone untuk kesehatan kita tersebut? Mari kita kita lihat rangkuman dibawah ini :

1. Batasi Waktu Penggunaan Handphone. Meski hanya satu atau dua menit, penggunaan handphone diketahui dapat mengganggu medan lsitrik di otak. Lebih baik menggunakan telepon kabel jika ingin berkomunikasi dalam waktu yang lama.

2. Perhatikan Menelepon Dalam Berkendara. Perhatikan untuk waktu nelpon yang satu ini. Lebih baik menggunakan handsfree agar tidak terganggu saat mengemudi kendaraan Anda.

3. Jangan Memabaca Pesan Pada Saat Mengemudi. Jangan pernah membaca atau menulis pesan saat sedang mengemudi. Mengalihkan pandangan dari kendaraan di depan meski hanya sedetik, dapat mengakibatkan kecelakaan fatal.

4. Jangan Melakukan Panggilan Yang Memicu Emosi. Misalnya tentang berhenti dari pekerjaan atau berdebat dengan kekasih. Hal ini dapat membuat Anda lebih berkosentrasi dengan percakapan dibanding kendaraan sekitar.

5. Pastikan Nomor Penting. Nomor penting seperti : Polisi, Pemadam Kebakaran atau Telpon Penting lainnya berada dalam daftar kontak Anda.

6. Waspadai Penggunaan Wired headset. Karena meningkatkan kemungkinan adanya radiasi, demikian pula dengan wireless headset. Lebih baik menggunakan airtube head set.

7. Jangan Meletakkan Handphone Di Kantong Celana. Karena didaerah tubuh atau panggul merupakan jaringan yang mudah mengantarkan radiasi, sehingga menyerap radiasi, sehingga menyerap radiasi dengan cepat. Sebuah penelitian menemukan bahwa pria yang menaruh telpon genggam di saku celana, penurunan sperma dalam jumlah signifikan.

8. Hindari Penggunaan Telpon Pada Daerah Yang Dilapisi Metal. Misalnya dalam lift, atau didalam kendaraan. Karena metal disekelilingnya akan memantulkan pancaran radiasi ke tubuh.

9. Hindari Handphone Saat Penangkapan Sinyal Kurang. Kondisi tersebut membuat handphone bekerja lebih aktif untuk menangkap sinyal, sehingga radiasi kemungkinan lebih besar. Misalnya ketika berada dalam Basement Mal, dsb.

10. Gunakan Handphone Dengan Spesific Absorption Rate (SAR) Rendah. Nilai ini menunjukkan seberapa besar radiasi yang diserap oleh tubuh. Hanya saja di Indonesia jarang yang mencantumkan nilai ini.

11. Gunakan SMS Untuk Komunikasi. Ternyata SMS memiliki radiasi yang lebih rendah ketimbang menelpon. Nah, lebih baik kita menggunakan SMS untuk komunikasinya.

12. Sebaiknya Minimalisir Penggunaan Untuk Anak. Karena dalam masa pertumbuhan, tulang kepalanya masih tipis, sehingga radiasi lebih mudah terserap masuk kedalam otak.

13. Lebih Baik Mendengarkan Ketimbang Berbicara. Usahakan lebih banyak mendengarkan, karena radiasi saat kita mendengar lebih rendah daripada berbicara.

14. Hindari Penggunaan Pembungkus Handphone. Secara teoritis, barang-barang tersebut akan menghalangi sinyal, sehingga handphone akan berusaha untuk mencari sinyal, sehingga radiasi yang ditimbulkan semakin besar.

sumber : Dokter Kita Magazine

Demikian 14 Tips Aman Menggunakan Handphone, semoga membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

About these ads
Posted in: Tips Kesehatan