Mengenal Psikotropika Yang Beredar Di Indonesia

Posted on Mei 16, 2010

2


Beberapa tahun belakangan ini marak peredaran Psikotropika di Indonesia. Sumbernya masih belum secara jelas di simpulkan. Beberapa kasus mengatakan dari luar Indonesia sedangkan beberapa lagi dari dalam negeri sendiri. Nah, pada kesempatan ini, saya akan berbagi, Apa itu Psikotropika. Sekaligus mengenal, Apa saja Psikotropika yang beredar di Indonesia. Gunanya adalah mencocokkan antara kasus yang terjadi dengan kategori Psikotropika yang berhasil ditangkap Polisi. Berikut penjelasannya :

Definisi Psikotropika menurut Undang-Undang No. 5 tahun 1997 tentang Psikotropika, psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Psikotropika dibagi menjadi beberapa golongan:

a. Psikotropika golongan I adalah psikotropika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi amat kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan. Contoh : Lisergida dan Meskalina.

b. Psikotropika golongan II adalah psikotropika yang berkhasiat pengobatan digunakan dalam terapi, dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi kuat mengakibatkan sindroma ketergantungan. Contoh : Amfetamin dan Metamfetamin.

c. Psikotropika golongan III adalah psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan banyak digunakan dalam terapi, dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi sedang mengakibatkan sindroma ketergantungan. Contoh : Pentobarbital, Amobarbital dan Pentazosina.

d. Psikotropika golongan IV adalah psikotropika yang berkhasiat pengobatan dan sangat luas digunakan dalam terapi, dan/atau untuk tujuan ilmu pengetahuan serta mempunyai potensi ringan mengakibatkan sindroma ketergantungan. Contoh : Barbital, Alprazolam dan Diazepam

Semoga artikel ini bermanfaat untuk diri saya sendiri maupun teman dan sobat yang membacanya. Sekedar berbagi ilmu tentang obat-obatan. Catatan : Psikotropika Lain Dengan Narkotika, Baca Juga Artikel Narkotika disini

Posted in: Psikotropika