Definisi Dan Tugas Panitia Farmasi Dan Terapi (PFT)

Posted on Mei 25, 2010

1


Profesi farmasi sangatlah vital di rumah sakit. Obat adalah penyumbang terbesar dari income suatu rumah sakit. Karena posisinya yang vital ini, maka dibentuklah sebuah Panitia Farmasi Terapi yang berisi beberapa tenaga kefarmasian dan medis, yang berfungsi mengatur regulasi obat dan pelayanan di rumah sakit. Baiklah, berikut adalah definisi dari Panitia Farmasi Terapi.

1. Panitia Farmasi Dan Terapi
Panitia Farmasi dan Terapi (PFT) merupakan badan penghubung antara staf medis dan Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Selain itu juga membuat kebijaksanaan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan penilaian dan pemilihan obat di rumah sakit.

PFT dipimpin oleh seorang dokter, sedangkan farmasis berada pada jabatan sekertaris. Tugas utama panitia ini adalah menyeleksi obat yang memenuhi standar kualitas terapi obat yang efektif, mengevaluasi data klinis obat baru atau bahan yang diusulkan untuk dipakai di rumah sakit, mencegah duplikasi pengadaan obat, menganjurkan penambahan-penambahan dan penghapusan obat dari formularium rumah sakit dan mempelajari reaksi obat yang merugikan.

2. Tujuan Panitia Farmasi dan Terapi ( PFT )

a. Penggunaan obat secara rasional, meliputi tepat indikasi, tepat pasien, tepat regimen, tepat obat, tepat dosis, dan waspada efek samping obat.
b. Pengelolaan obat di rumah sakit dilakukan secara transparan.
c. Rumah sakit memperoleh pemasukan yang sesuai dari hasil pengelolaan obat di rumah sakit.

3. Tugas Panitia Farmasi dan Terapi ( PFT )

a. Memberikan rekomendasi dalam pemilihan penggunaan obat – obatan.
b. Menyusun formularium yang menjadi dasar dalam penggunaan obat-obatan di rumah sakit dan apabila perlu dapat diadakan perubahan secara berkala.
c. Menyusun standar terapi bersama-sama dengan staf medik.
d. Melaksanakan pengawasan, pengendalian dan evaluasi penulisan resep dan penggunaan obat generik bersama-sama dengan Instalasi Farmasi Rumah Sakit.
Demikian sedikit gambaran tentang Panitia Farmasi di Rumah Sakit..