Jo’Bulani dan JaBulani Adalah Nama Bola Piala Dunia Afrika 2010

Posted on Juli 1, 2010

1


Semarak pesta terbesar di ajang Sepakbola Dunia yang diselengarakan di Benua Hitam, Afrika Selatan menggema hingga bumi nusantara Indonesia. Banyak fans dari masing-masing tim yang berlaga berkumpul untuk NOBAR alias “Nonton Bareng” bersama baik itu dengan TV Layar Lebar maupun Nobar di Cafe atau tempat Hang-Out lainnya.

Namun, tahukah Anda, nama bola yang dipakai di Piala Dunia Afrika kali ini? Mungkin yang kita tahu adalah Jabulani. Tapi sebenarnya, bola yang digunakan ada dua nama, dan terlihat perbedaan pada striping yangterletak di kulit luar bolanya, dua nama itu adalah, JO’BULANI dan JABULANI. Mau tahu perbedaan antara keduanya dari sisi struktur luarnya? Lihat Foto dibawah ini :

Foto 1.

Asal nama bola ini adalah Jabulani yang berarti ‘Rayakan’ dalam bahasa isiZulu – adalah nama bola baru untuk Piala Dunia FIFA 2010.

Dibuat, seperti biasa, oleh Adidas – Perusahaan terkemuka di dunia produsen peralatan olahraga, bola Jabulani dibuat dengan teknologi moderen. Berikut struktur dalam bola pembuatannya :

Foto 2.

Secara umum Bola sepak terdiri dari 32 panel heksagonal. “The Teamgeist” yang dipakai untuk Piala Dunia di Jerman 2006 telah hanya 14 panel. Bola Jabulani memiliki 8 panel yang menakjubkan. Para Goalies akan senang dengan tekstur dan alur grip’, yang dibuat untuk membantu kelancaran terbang bola. Lihat konstruksi gambar lengkapnya :

Foto 3.


Untuk bola Jabulani ini sendiri, telah memenuhi standar FIFA, ini dibuktikan dengan beberapa pengukuran yang dilakukan FIFA terhadap Jabulani disesuaikan dengan Stndar yang ditetapkan serta Predikat dari tiap-tiap nilai yang didapat :

Jabulani vs FIFA Regulation :

Weight : 440/td> Heavy
FIFA Reg.: 420-445
Standing : Heavy

Circumference : 69.0 +/- 0.2
FIFA Reg. : 68.5-69.5cm
Standing : Average

Roundness : 1.0%
FIFA Reg. : 1.5%
Standing : Good

Water Absorption : 0%
FIFA Reg. : Max 10%
Standing : Amazing

Bounce Variance : 6cm
FIFA Reg. : 10cm
Standing : Good

Leakage : 10%
FIFA Reg. : 20% from 3 days
Standing : Excellent

Jo’Bulani dan Jabulani memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh FIFA sebagai Bola Resmi Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Sedangkan Negara yang menjadi juara Piala Dunia 2010 adalah..

Posted in: Unik Menarik