Tips Agar Blog Kita Tetap Eksis Meski Jarang Update Artikel

Posted on Juli 4, 2010

14


Jenis berita faktual dan yang sedang hot sangatlah banyak, dari Olahraga, Artis, Politik, dsb. Terkadang kita bingung, postingan apakah yang kita mau sajikan terutama ke “Followers” kita. Banyak diantara kita “terpancing” akan berita-berita hot dan update tapi tidak/lupa dengan tema blog nya itu sendiri. Sebagai contoh : Blog dengan Tema “Tutorial Blogging Untuk Pemula”, menyajikan berita Hot dan Menjadi perbincangan orang saat ini, seperti “Video Mesum Ariel dan Luna Maya”.

Target dari penulis adalah meningkatkan Traffic dari blog yang dikelolanya. Namun pernahkah terfikir, bahwa Tema blog yang di “usung” nya adalah mengenai “Tutorial Blogging Untuk Pemula”. Oleh karenanya disarankan untuk mengganti “FlatForm” blognya menjadi “Tutorial Blogging Untuk Pemula Dan Kumpulan Info Menarik” misalnya.

Penyesuaian konten adalah sangat penting dalam membangun image pembaca agar Agar Blog Tetap Eksis. Berguna untuk para pembaca baik yang baru membaca ataupun yang sudah sering “singgah” ke artikel blog kita. Berikut adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda Agar Blog Tetap Eksis, walau pembaca sudah lama membaca postingan artikel blog Anda :

1. Didalam konten/isi artikel postingan, Hindarilah kata-kata yang dapat menunjukkan waktu/saat Anda melakukan penulisan artikel. Contoh kata-katanya : Hari ini, Kemarin, Baru-baru ini, Minggu Kemarin, Akhir Bulan Ini, dsb. Kata-kata di postingan Anda, akan menimbulkan sebuah asumsi dari pembaca bahwa berita yang Anda sajikan sudah Tidak Fresh Alias Tidak Update lagi.

2. Letakkan Tanggal Postingan artikel Dibawah postingan. Kebanyakan beberapa template baru atau standar dari Blogspot atau WordPress, memiliki fitur tanggal kapan di terbitkannya sebuah artikel postingan. Jika Anda seorang yang memiliki kegiatan sibuk di dunia nyata, dan tidak dapat secara berkala melakukan posting artikel, Hindari penggunaan tanggal postingan atau tempatkan tanggal dibawah artikel. Jika hal ini Anda tidak lakukan, sudah dipastikan pembaca akan “lari” karena ia malas untuk membaca postingan yang sudah basi.

3. Hindari membuat Daftar Isi Berdasarkan Tanggal/Kalender. Banyak para blogger yang memasang Blog Archive nya di halaman depan blog. Bila hal ini dilakukan, maka akan terlihat oleh pembaca, Bahwa Anda “Malas” atau “Di kenal Tidak Update” beritanya. Saran, membuat daftar isi secara manual saja tanpa mencantumkan tanggal postingan seperti di Blog Archive.

4. Menambahkan Keterangan Posisi Artikel Anda, jika bersifat berkelanjutan dimasa depannya. Misalnya : Menambahkan kata “Untuk pembahasan Cara Pembuatan READ MORE, akan dibahas dipostingan berikutnya”, “Apa Manfaat dan Benefit Daun Seledri Untuk Mencegah Kanker, Kami Akan Bahas Di Topik Kesehatan Minggu Depan”, dsb.

Jadi, untuk Anda yang merasa belum punya ide atau banyak kegiatan “diluar” sana dan tidak sempat meng-update artikelnya secara berkala, Semoga tips diatas membantu. Agar Blog Kita Tetap Eksis di “mata” pembaca kita.

Posted in: SEO