Kenapa Blogku "Miskin" Komentar Ya?

Posted on Juli 6, 2010

28


Saat saya jalan-jalan alias blogwalking ke blog teman “baru” saya, Blognya mas Ginting (Mohon izin ya mas, aku jadikan contoh! :D), saya melihat ratusan komentar di setiap postingan beliau. Belum sempat tanya sich! Bagaimana caranya!?, tapi saya coba tanya-tanya sama teman lain yakni Mbah Marijan, kenapa kok Blogku memiliki komentar minim, tidak seperti Blognya “teman baik” saya diatas tadi? Bagaimana sich, agar dapat jumlah komentar yang banyak disetiap postingannya?

Beliau menjelaskan, bahwa mendatangkan komentar dari setiap pengunjung yang datang, tidak lepas dari dua aspek penting : Pertama, Pertumbuhan Blog dan yang Kedua, Bangunlah sebuah Komunitas dengan Blog Anda.

1). Pertumbuhan suatu Blog itu sendiri, maksudnya adalah pertumbuhan blog yang didukung oleh beberapa unsur-unsur penting :

a. Peningkatan Kualitas Konten berita yang akan Anda sajikan. Sudah dapat dipastikan jika konten Anda tidak berkualitas atau tidak dibutuhkan oleh “calon” pengunjung Anda, maka ia akan malas untuk memberikan komentar dipostingan.

b. Kenaikan Angka Traffic termasuk kedalamnya jumlah Daily Unique dan Page Views. Ini sangat penting, karena yang Traffic berhubungan dengan SEO dan semakin Tinggi Traffic nya, maka akan makin bertambah jumlah pengunjung Blog Anda

c. Kenaikan Jumlah Pelanggan Gratis Via RSS (Feedburner). Salah satu Indikator bahwa pengunjung menyukai postingan Anda.

d. Kepercayaan dari “Sahabat” atau sudah tukar link atau “Pemberi Backlink Gratis” lainnya, seperti dari Blog Dofollow, dsb. Semakin kita dipercaya oleh teman yang telah memberi Backlink kepada kita, maka kemungkinan untuk postingan kita tidak dikomentari pastilah kecil.

2). Membangun Sebuah “Komunikasi” didalam postingan. maksudnya adalah Anda dapat berinteraksi dengan pembaca postingan Anda di blog, sehingga para pengunjung/pembaca itu merasa bagian dari isi postingan kita. Beberapa tips yang mengindikasikan kalau kita akan melakukan interaksi dengan pembaca di postingan :

a. Usahakan Bertanya Dipostingan yang sedang pengunjung baca.
Misalnya : “Bagaimana komentar sobat?”, “..Dari sifat-sifat cowok diatas, manakah yang paling mencerminkan diri sobat?..”, dsb.

b. Menggunakan salah satu Komentar Sebagai Ide untuk membuat postingan Anda.

Misalnya : “Saya terkesan pada KedaiObat dalam Komentarnya yang mengatakan BAGAIMANA MEMBUAT BLOG BERTABURAN KOMENTAR?, saya menjawab..”, dsb.

c. Buatlah Link dari Sumber Ide Anda tadi sekaligus referensi data untuk postingan Anda.

d. Ikut serta dalam diskusi di komentar yang ada di postingan Anda. Segera kasih jawaban atau tanggapan terhadap komentarnya.

e. Memasang “Widget Penghargaan” untuk TOP KOMENTATATOR di blog Anda. Mungkin sudah faham teman-teman semua ya..

f. Membagi pengalaman Pribadi Anda kepada pengunjung/Pembaca.
Misalnya :“..Kenapa Blogku “Miskin” Komentar Ya?..” (Penagalaman Pribadi saya ini mah!)๐Ÿ˜€

g. Jika Anda memberitakan sesuatu berdasarkan pengalaman orang lain, maka urutkan pengalaman orang tersebut satu persatu.
Misalnya :“..Setelah saya baca di blog Tutorial Kang Rohman, saya..”, dan “..Saya Bandingkan dengan pendapat Mas o-om, maka hasilnya..”

h. Memberi tahu ke pengunjung bahwa postingan ini juga dapat dibaca di Page lain di blog yang memiliki berita se-Tema.

i. Interaksi dengan pengunjung lebih lanjut dengan memanfaatkan Social Media. Misalnya : Facebook, Twitter, dsb.

Dari hasil “konsultasi” saya dengan Mbah Marijan teman saya, sekarang saya baru tahu, bahwa Komentar para pengunjung, Pembaca atau Sahabat sangatlah Penting dan Berarti bagi Blog saya.

Selain tips diatas, mungkin Ada pendapat Lain, bagaimana agar Blog kita dapat “Bertabur” komentar ditiap postingannya? Segitu aja ya sob, celoteh seorang newbie yang selalu ingin belajar dan belajar..

Silakan masukkan komentar lain ya sob, kalau ada!? Terima kasih

Posted in: SEO