Promosi Blog Di Forum Online Dan Social Bookmark, Efektif??

Posted on Juli 13, 2010

29


Ditulisan lalu tentang “Mengapa Blogku “Miskin” Komentar”, banyak inspirasi dan aspirasi yang saya dapat. Selain dari konten yang berkualitas, interaksi pengunjung, Promosi Blog ke Forum Online dan Social Bookmarking sangatlah penting. Banyak komentar dipostingan ini, terutama dari “Saudara Senasib” yang Blognya “miskin” akan komentar.

Dari beberapa komentar yang “hadir” disana, salah satu komentar yang paling berkesan (menurut saya) adalah datang dari teman baik saya, Munir Ardi (Mohon izin Mas Munir Ardi, namanya dicatut :D). Beliau memberi masukkan, bahwa selain konten yang baik dan berkualitas, Promosi Blog di social bookmark seperti lintas berita, juga perlu dilakukan. Nah, komentar Beliau tadi adalah sumber ide menulis artikel saya kali ini. Berikut adalah komentar Beliau di Postingan “Mengapa Blogku “Miskin” Komentar” :

“..konten blog anda sudah bagus sekali sobat , sekarang tinggal submit di social bookmark atau lintas berita dan terutama juga blogwalking , jangan jemu berkunjung ke blog sahabat, namun ada juga blog yang meski dikunjungi nggak membalas kunjungan kita karena memang bukan tipe blogger yang suka blogwalking , cobalah kalau mau punya banyak komentar , kunjungi semua blogger yang komentar di blog mas Julianus, pasti mereka akan balas komentar di blog anda, karena memang ada sejumlah blogger yang termasuk blogwalkers sejati..”

Dari saran Beliau diatas, Lintas Berita menjadi target pertama Promosi Blog saya. Alhasil, salah satu artikel yang Kirim dengan judul “Mengenal Psikotropika Yang Beredar Di Indonesia”, dalam dua hari sudah mendapatkan 225 Views (Lihat disini jika penasaran). Bayangkan, jika saya hanya mengharapkan Search Engine untuk berita tersebut, mungkin dalam waktu 2 tahun lamanya baru dapat menyamai views Lintas Berita.

Selain Lintas Berita, saya juga gabung dibeberapa Forum yang mungkin sobat tahu, Blog Catalog, VivaNews. Ada juga Forum Directory sebagai acuan mencari forum online yang cocok dengan tema Blog saya, yakni Big-Boards.com. Mudah sekali mencari Traffic dan Backlink disini, hanya dengan “Menitipkan” tautan yang berhubungan dengan tema topik dan artikel yang kita punya.

Twitter dan Facebook pun tak luput dari “incaran” Promosi Blog saya. Dengan jasa aplikasi Networked Blogs di Facebook dan Transfernya ke Twitter atau sebaliknya dengan jasa Twitter for Facebook, feed artikel yang saya buat bisa dibaca oleh para “Fans” saya di dua situs Jejaring terkenal itu.

Ternyata semua tidak sia-sia. Traffic Blog saya “Meramping”, dari awal 700.000 kini menjadi 541.838. Mudah-mudahan Backlink serta Pagerank pun mengikuti. (Ngarep Mode On)


Terima kasih untuk teman-teman yang sudah memberi masukkan di posting “Mengapa Blogku Miskin Komentar”, Spesial to : Mas Munir Ardi, Alhasil Traffic Alexa saya kian hari makin “Langsing”. Untuk teman-teman yang masih belum banyak didatangi komentar, seperti Blog saya ini, mari kita berbagi dengan mengikuti cara diatas.

Semoga Pagerank dan Backlinkku makin bertambah dan Traffic Blogku Makin “Langsing” lagi !!
Selamat Mencoba!!

Posted in: SEO