Hati-Hati Bertukar Link Otomatis Dengan "Mister Linky’s Magical Widgets"

Posted on Juli 17, 2010

44


Mungkin yang telah sobat semua tahu, bahwa kunci dari “karir” sebuah blog adalah Backlink. Jenis Backlink yang baik adalah yang relevan atau nyambung dengan tema blog yang kita miliki. Nah, alasan ini yang menjadikan www.kedaiobat.co.cc, “memutar stir” nya, menyajikan beberapa postingan Tips Blogging dan SEO. Sebagai newbie, yang belum faham benar tentang dunia blogosphere, saya coba mencari beberapa backlink otomatis berkualitas dan kalau bisa nilai OBL nya lumayan. (Malu Mode On).

Ditengah pencarian saya, ada beberapa Blog yang saya temui dengan status ber-Pagerank tinggi dan menawarkan backlink otomatis dengan cara pertukaran link melalui widget “Mister Linky’s Magic”. Sebagai “Pendatang Baru”, saya langsung senang sekali dan jika bisa bertemu langsung dengan pemilik blog akan saya salam dia. (http://www.lebay.com). Untuk meyakinkan, saya cek Pagerank Blog tersebut, hasilnya seperti gambar dibawah ini, klik gambar biar lebih jelas :


Tapi ternyata bahwa semua kumpulan Link yang “menempel” di Widget itu, berstatus NOFOLLOW. Yang mengartikan bahwa, saya tidak akan mendapat Backlink apa-apa dari pertukaran Backlink Otomatis. Sungguh kecewanya saya, ketika saya tahu itu. (bisa dilihat digambar bawah ini, klik gambarnya biar jelas)

Akhirnya, saya memutuskan jika kita ingin mencari Backlink dengan cara “tradisional” yakni Exchange Link, saya harus dapat berinteraksi langsung dengan Authornya dan berusaha “menghindari” Buku Tamu shoutmix atau cbox untuk meninggalkan jejak saya di blog sahabat. Komunikasi juga faktor penting dalam membangun sebuah Link, salah satu cara yang saya lakukan adalah menjawab komentar yang masuk dan berkomentar di blognya.

Sebuah exchange link yang sangat berkesan bagi saya adalah ketika sukses bertukar link dengan blognya Pak Guru Sawali Tuhusetya. Dengan mudah saya bertukar link dengan Blog beliau yang memiliki Pagerank 2 dan akan naik menjadi pagerank 6, dalam prediksi Google Pagerank Update berikutnya. (Terima kasih dan mohon izin untuk namanya di “catut” di tulisan ini :D). (silakan lihat gambar dibawah ini).


Pencarian Backlink dengan tukar link memiliki banyak resiko, oleh karenanya bangunlah sebuah komunikasi yang baik, agar kejadian diatas tidak menimpa blog kita.

Maaf, bahasanya kepanjangannya ya?? Terima kasih sudah mau baca dan dengerin “curhat” seorang newbie, dan jangan lupa ditunggu komentarnya ya..
Terima kasih

Posted in: SEO