Simpanlah Link Sahabat Anda Di Sidebar, Mengapa?

Posted on Agustus 11, 2010

76


Banyak yang bilang, kalau penempatan Link menuju situs kita seharusnya di letakkan di Sidebar atau Footer Blog terutama Link yang berasal dari Exchange Link antar Blogger adalah sebuah Kegiatan Ilegal dimata Google.

Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan besar, Memang adakah efeknya terhadap Blog kita? Beberapa artikel dari sumber terpercaya mengatakan bahwa Google telah menetapkan beberapa aturan main dalam Tukar Menukar Link. Berikut adalah kutipannya :


“Peringkat situs Anda dalam hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada analisis situs-situs yang memiliki pranala ke Anda. Kuantitas, kualitas, dan relevansi link diperhitungkan rating Anda. Situs yang link ke Anda dapat memberikan konteks tentang subyek situs Anda, dan dapat menunjukkan kualitas dan popularitas.

Namun, beberapa webmaster terlibat dalam skema tukar link dan membangun mitra eksklusif halaman demi cross-linking, mengabaikan kualitas dari link, sumber, dan dampak jangka panjang yang akan terjadi pada situs mereka.

Hal ini merupakan pelanggaran terhadap pedoman webmaster Google dan dapat berdampak negatif peringkat situs Anda dalam hasil pencarian. Contoh skema link yang dapat mencakup:

* Link dimaksudkan untuk memanipulasi PageRank
* Link ke web spammer atau lingkungan yang buruk di web
* Link timbal balik yang berlebihan atau bertukar link berlebihan (“Link ke saya dan saya akan link ke Anda.”)
* Membeli atau menjual link yang lulus PageRank..”

(referensi : bloggerpemula)
Ket : Ini dalam Bahasa Indonesia, Klik Disini Aturan Google dalam Bahasa Inggris.


Dari analisa pernyataan Google ini, maka beberapa kesimpulan yang dapat diambil antara lain :

1. Simpanlah Link Sahabat Anda Di Sidebar. Jangan Mengumpulkan Link dalam Satu Halaman. Mengapa??

Karena : Membuat satu halaman khusus yang berisi kumpulan link, akan dideteksi dengan mudah oleh Search Engine sehingga search engine akan langsung berpikir bahwa kita sedang membuat “Link Exchange:” atau “Tukaran Link” yang dalam praktek Search Engine seperti dinyatakan di atas adalah Illegal. Untuk menghindari ini, sebaiknya kita meletakkan semua link hasil tukar-tukaran link di sidebar atau di footer blog, karena umumnya link seperti ini dianggap sebagai link partner.

2. Menukar Link dengan Blog yang tidak Relevan. Mengapa?

Seperti dinyatakan google di atas, tidak hanya kuantitas dan kualitas link yang penting tapi juga relevansi sumber link terhadap link yang lain yang akan dihitung. Karena itu peringkat blog dengan topik umum dan luas umumnya lebih cepat mendapat peringkat yang baik, karena tukaran link dengan blog lain akan tetap dianggap topik yang sama.

3. Menggunakan Anchor Text Yang Tidak Relevan Dalam Tukaran Link. Mengapa?

Anchor text adalah kata yang terlihat pada sebuah link. Bila kita ingin mendapatkan peringkat yang baik dalam SERP untuk kata kunci tertentu, sebaiknya gunakan kata kunci tersebut sebagai Anchor text blog kita, namun sebaiknya anchor text tersebut memiliki relevansi dengan isi blog kita. Bila tidak ingin mengincar kata kunci tertentu, menggunakan judul blog juga bisa.

4. Tukaran Link Hanya Dengan Blog Yang Memiliki Pagerank Tinggi. Mengapa?

Memang benar bahwa blog dengan Pagerank tinggi bisa membantu mempercepat peningkatan page rank sebuah blog. Namun yang menjadi parameter dari Google dalam memberikan Pagerank dan juga rating di SERP seperti disebut di atas adalah kualitas, kuantitas, dan relevansi sebuah blog.

Nah, itulah alasan Simpanlah Link Sahabat Anda Di Sidebar. Jika Anda sedang di “zona” ini, cepatlah Instropeksi Diri!!!. Karena orang yang dikatakan sombong adalah orang yang tidak mau menerima sebuah Kebenaran. Hehehe.. (www.guyon.com)

Demikian Postingan Simpanlah Link Sahabat Anda Di Sidebar, jika ada pendapat lain dari sobat Blogger, silakan masukkan di form Komentar di bawah ini. Makasih. (Sekedar Berbagi Informasi).

Posted in: SEO