10 Macam Tipe Blog Di Dunia Internet

Posted on Agustus 23, 2010

17


Menuliskan Sumber dari pengarang artikel adalah Kode Etik dari pemberitaan sebuah artikel di Blog kita. Mengapa hal ini dilakukan? Dalam Ilmu Jurnalistik, penulisan Sumber, Courtesy, Referensi atau kata lain yang menunjukkan sumber dari artikel/berita itu didapat, merupakan bagian dari KODE ETIK JURNALISTIK.

Hal ini mungkin dialami oleh para Blogger, yang “kehabisan” ide seperti saya, artikel/berita apa lagi yang akan diposting. Budaya Copy Paste di dunia Blogosphere sudah biasa, namun pencantuman Sumber Artikel ini berasal, masih sering terlewat oleh para Blogger.

Keuntungan apa yang akan didapat si pemilik artikel asli jika kita menuliskan sumber artikel itu berasal? Pemilik artikel asli tidak merasa di “langkahi” dan lebih di hargai ketika artikelnya di REPOST oleh orang lain. Selain itu, pemilik artikel mendapatkan Backlink dari Blog kita, yang akan menambah Popularitas dari blog sumber menjadi lebih terkenal (Naikkan Pagerank).

Salah satu contoh artikel yang Copy Paste dari Teman Blogger yakni artikel yang berjudul : 10 Macam Tipe Blog Di Dunia Internet. Menurut saya artikel ini menarik, untuk tau apa isi postingan sobat saya itu, apa saja 10 Macam Tipe Blog Di Dunia Internet, mari kita ikuti ini :

Blog Politik (PoliticalBlogs). Blog politik memiliki beberapa bentuk. Bentuk yang paling sering dipakai adalah seorang blogger akan melakukan link ke artikel dari berita suatu website dan kemudian mem-posting komentar mereka. Sedangkan yang lainnya, lebih berfokus pada esai mengenai topic politik. Faktanya, trend blog politik digunakan untuk melakukan kampanye politik, dalam rangka mencoba memasukkan blog ke dunia politik, seperti yang terjadi pada pemilihan presiden Amerika baru-baru ini.

Blog Personal (PersonalBlogs). Blog ini pada umumnya digunakan untuk mendeskripsikan sebuah diary atau jurnal online, seperti Xanga. Format weblog diary online ini memberikan kemudahan bagi user, tanpa perlu memiliki pengalaman dalam membuat, memformta, dan mem-posting masukan ke blog. User dapat menulis kejadian sehari-hari, komplain, puisi, prosa, ide pikiran, dan masih banyak lagi, juga memperbolehkan user lain untuk ikut berkontribusi didalamnya.

Blog Bisnis (BussinessBlogs). Sebuah blog yang digunakan oleh pengusaha untuk mempromosikan bisnis mereka. Seringkali blog bisnis berlaku sebagai aksi promosi pengusaha untuk menyediakan gambaran aktivitas di belakang bisnis mereka, seperti pada blog personal. Dalam beberapa kasus blog bisnis juga dilengkapi dengan iklan, penjualan produk, atau informasi.

Blog Topik (TopicalBlogs). Blog topic lebih berfokus pada hal-hal yang khusus. Sebagai contoh, seperti blog Google, atau blog prajurit atau blog militer (milblog). Banyak blog memperbolehkan banyak kategori, di mana sebauh blog umum dapat diganti menjadi blog topic sesuai keinginan user.

Blog Kesehatan (HealthBlogs). Blog ini ditulis sebagai account personal dari isu-isu kesehatan, berbagai informasi dengan user lain mengenai kesehatan. Kategori blog dalam blog kesehatan ini seperti blog medis, yang juga terbagi dalam dua kategori. Tipe pertama adalah blog yang ditulis oleh professional kesehatan mengenai pekerjaannya, berita kesehatan atau ide user lain. Kemudian tipe berikutnya berupa kasus pasien, yang memperbolehkan dokter untuk memasukkan kasus pasien ke website. Dokter juga dapat memberikan komentar atau ikut memecahkan kasus tersebut.

Blog Kesusasteraan (litblog). Blog ini merupakan blog yang berfokus kepada topic suatu literature. Terdapat komunitas litblog dalam blogosphere di mana pengarang dapat memasukkan berbagai subtopic yang berkaitan dengan literature atau sastra. Litblogger dapat menulis mengenai industri percetakan, artikel, fiksi, puisi, jurnal literature, diary pembaca, kritikan, jenis literature seperti fiksi dan misteri.

Blog Perjalanan (TravelBlogs). Banyak pengembara yang menulis perjalanan mereka ke dalam paper. Dengan blog ini, mereka dapat menuangkan idenya, atau berbagai foto dan cerita, bahkan ketika mereka sedang traveling ke seluruh dunia.

Blog Penelitian (ResearchBlogs). Blog ini mengkombinasikan catatan sekolah dan blog siswa ke notebook pribadi dengan faslitas diskusi public. Blog ini menangani lebih ke arah yang berkaitan dengan akademis.

Blog Hukum (LegalBlogs). Blog ini merupakan blog pengacara atau mahasiswa hokum, yang didalamnya terdapat hasil diskusi mengenai hukum, sehingga sering disebut ‘blawgs’. Para blawgger dapat mem-posting komentar legal dan analisis kasus yang ada di blog mereka.

Blog Pendidikan (EducationalBlogs). Pengguna blog ini adalah para siswa, yang belajar mengenai materi pelajaran tertentu di blog, ketika guru mereka telah mencatatkan materi pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa menggunakan blog. Sebagai contoh, kursus online dan pemberian pekerjaan rumah dari guru untuk siswa. Keuntungan penggunaan blog ini adalah siswa dapat belajar dengan cepat jika mereka ketinggalan kelas. Selain itu, guru juga dapat merencanakan, materi dengan mudah, dan blog ini dapat membantu guru membuat kesimpulan hasil belajar siswa yang akurat.

Sumber : http://uangmayainternet.blogspot.com/2009/04/10-macam-tipe-blog-di-dunia-internet.html

Penulisan SUMBER YANG BENAR adalah sebagai contoh diatas.

Nah, jika postingan ini, TERMASUK TIPE YANG MANA BLOG SOBAT??. Tentukan pilihan nya sekarang. Demikian postingan 10 Macam Tipe Blog Di Dunia Internet ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Posted in: Blogging Tips