Tips Mudik Dengan Kendaraan Mobil Pribadi

Posted on September 7, 2010

1


Tips Mudik Dengan Kendaraan Mobil Pribadi – Mudik sudah bergelora. Semua jalur luar kota di jakarta sudah dipadati baik oleh mobil pribadi, motor maupun angkutan umum (kereta, bus). Banyak rintangan dan halangan yang terkadang kita alami saat kita mudik.

Sorotan kali ini adalah bagaimana Tips Aman Mudik Dengan Kendaraan Mobil Pribadi. Banyak tips yang mengatakan hal yang serupa. Namun saya akan memberikan tips sederhana yang wajib di patuhi oleh seorang pengemudi sebelum mudik dengan kendaraan mobil pribadi.

Tips Mudik Dengan Kendaraan Mobil Pribadi antara lain :

Oli Mesin. Periksa oli mesin Anda. Gunakan oli sesuai petunjuk dan anjuran sesuai petunjuk dan ajuran service. Bila perlu oli gardan dan oli persnelling diganti sebelum berangkat. Disarankan penggantian oli setiap 2000-2500 km. Sebaiknya dikuras terlebih dahulu dengan Engine Flush. Dengan penambahan Oil Treatment, masa pakai oli bisa diperpanjang satu setengah kalinya. Sedangkan bila menggunakan oli sintetik dianjurkan penggantian setiap 5000 km.Periksa mobil dalam kondisi prima. Periksa keadaan platina, busi, saluran gas buang. Untuk menjaga kebersihan karburator, injektor dan sistem saluran bahan bakar, tambahkan campuran bahan bakar yang dapat meningkatkan akselerasi mesin (tarikan lebih ringan) sekaligus irit bahan bakar. Bila perlu tune-up mesin.

Minyak Rem. Hati-hati di musim hujan. Pastikan rem mobil Anda bekerja sempurna, periksa minyak rem. Jika kurang tambahkan minyak rem netral. Kuras dan ganti minyak rem setiap 20.000 km atau satu kali setahun (mana yang lebih dahulu tercapai). Periksa juga kondisi rem tangan.

Power Steering. Periksa sistem power steering mobil Anda. Bila perlu tambahkan Power Steering Fluid. Jangan gunakan jenis minyak lain sebagai penggantinya. Untuk menjaga kelancaran dan sistem power steering lebih awet atur ban mobil tetap dalam posisi lurus apabila parkir

Pelumas Serba Guna. Bersihkan terminal aki, koil, kabel koil dan delco. Pelumas serba guna dapat menetralisir asam sehingga mesin yang basah dapat di start lebih mudah. Pelumas serba guna juga dapat menghilangkan bunyi derit dan melancarkan engsel-engsel pintu dan jendela.

Kesehatan. Agar perjalanan tidak tergangu, jaga kondisi kesehatan badan. Sediakan selalu obat-obatan yang biasa Anda pakai dalam kotak P3K.

Air Wiper. Perjalanan di musim hujan perlu ekstra hati-hati. Lebih-lebih bila perjalanan malam hari. Air hujan atau kaca kotor bisa mengganggu pandangan pengemudi. Untuk itu, periksalah kondisi karet wiper, tabung air wiper. Agar supaya kaca lebih jernih tambahkan windshield washer solvent/concentrate (cairan pembersih kaca).

Air Radiator. Periksa radiator untuk memastikan sirkulasi air pendingin lancar. Bila perlu kuras dengan Radiator Flush untuk membersihkan sisa kerak di radiator. Periksa juga fan dan tali kipas. Sangat dianjurkan penambahan cairan pendingin radiator (Radiator Coolant), yang sekaligus berfungsi mencegah karat, pembuihan dan melumasi water pump (pompa air) dalam radiator.

Air Aki. Periksa kondisi accu (aki). Jangan lupa, periksa juga sekering, kabel-kabel dan alternatornya. Terminal-terminal aki dan kabel-kabel massa ke bodi mobil mesti dibersihkan. Isi air aki sebatas level yang dianjurkan. Bila perlu accu (aki) di-charge lagi.

Tekanan Ban. Periksa tekanan ban sesuai anjuran/ketentuan. Pada ban yang terlalu kempes akan terjadi efek perataan (flapping effect) sehingga mudah pecah dalam kecepatan tinggi.

Sabuk Keselamatan. Kenakan selalu sabuk keselamatan dam perjalanan. Ini penting, sebab pada saat pengereman mendadak, otot lengan dan kaki saja tak cukup kuat untuk menahan beban berat badan.

Bersabar. Jaga emosi sewaktu mengendarai mobil, jangan mudah terpancing bila ada mobil mendahului dari sebelah kiri di jalan tol. Ingat, mengendarai mobil di bahu jalan sangat berbahaya. Bila ada kendaraan besar dari arah depan saling berpacu, lebih baik mengalah dengan mengambil jalan paling kiri. Bila dirasa aman, silahkan menambah kecepatan.

Kecepatan. Jarak Kendaraaan. Jagalah batas kecepatan kendaraan anda tetap dalam kontrol dan konsentrasi. Jaga jarak kendaraan dengan mobil yang ada di depan, terutama ketika berada di jalan tol. Nikmati perjalanan tak perlu berpacu.

Semoga Tips Mudik Dengan Kendaraan Mobil Pribadi ini bermanfaat dan membantu bagi semua pengemudi mobil pengemudi. Selamat Jalan🙂

Posted in: Unik Menarik