13 Cara Optimasi Blog Yang Biasa Oleh Para Blogger, Apa Saja?

Posted on Oktober 29, 2010

9


13 Cara Optimasi Blog – Bicara soal Optimasi Blog, mungkin para sobat Blogger sudah bosan. Namun, sekedar remaind dan menambah postingan di kategori “Seputar SEO“, saya coba me-review kembali hal apa saja yang dilakukan para Blogger dalam meng-optimasi blognya agar “unggul” dalam pencarian Google Search Engine (SERP).

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan Optimasi Blog itu? Sepengetahuan saya, Optimasi Blog itu adalah suatu hal yang “wajib” dilakukan Blogger, agar artikel nya dapat tampil sebagai “juara” pencarian Google Search Engine dan naiknya tingkat Popularitas dari Blog tersebut (Pagerank Blog). Dengan tingkat popularitas yang tinggi, Google selalu mendahulukan Blog dengan tingkat popularitas tinggi (Pagerank Tinggi).

Dari sisi Popularitas, artikel yang kita tulis memiliki posisi 10 besar pencarian Google. Misi dan Pesan yang kita sampaikan dalam artikel tersebut, akan cepat sampai oleh calon pembaca kita.

Dari sisi Bisnis Online, banyak para calon Advestiser yang ingin menitipkan Iklannya di Blog kita (Adsense). Blog dengan Pagerank Tinggi serta Traffic yang baik (dibawah 1 jutaan), akan membuat komisi kita lebih besar jika kita main Paid Reviews.

Jika kita main Jual Beli Link, Pagerank sangatlah berpengaruh. Dan banyak lainnya keuntungan jika kita memiliki Blog dengan Pagerank dan Traffic baik. (Bukan termasuk Blog Kedai Obat ini loh! Hehehe…)

Nah, bagaimana Cara Optimasi Blog yang biasa dilakukan oleh para Blogger untuk menghasilkan seperti hal diatas? (Tolong dikoreksi, jika ada kesalahan ya.. Maklum, Newbie nih! ). Berikut caranya :

1. Optimasi Keyword artikel sobat. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah memeanfaatkan “jasa” Webconfs.com ( Baca : Cek Faktor Optimasi Pencari Situs Blog Kita Dengan Webconfs.com )

2. Perhatikan faktor-faktor yang disyaratkan oleh Google dalam optimasi blog. ( Baca : Faktor Penentu Perhitungan Google Pagerank )

3. Bertukar Link (Link Exchange). Semua Blogger sering melakukan hal ini. Tujuannya adalah menambah Link yang menuju Blog kita, syaratnya blog teman yang kita ajak tukar link, juga memasang link kita. Namun, hati-hati jika sobat bertukar link otomatis, mengapa? ( Baca : Hati-hati Bertukar Link Otomatis Dengan “Master Linky’s Magical Widgets” )

4. Hindari Teknik Black SEO, seperti : Teknik Doorway Pages. Apa yang dimaksud Teknik Doorway Pages? Silakan Baca : Hindari Teknik Doorway Pages Untuk Blog Anda.

5. Datangkan Banyak Komentar Di Postingan. Mengapa? Silakan Baca : “Kenapa Blog Miskin Komentar?

6. Lakukan Teknik SEO Pada Blog Sobat. Walau teknik ini termasuk Teknik Black SEO, namun teknik ini masih diperbolehkan oleh Mbah Google, apa saja? Silakan Baca : Kumpulan Teknik Black SEO Yang Boleh Diperbolehkan Google.

7. Submit Artikel Sobat Ke Feed Agregator dan Promosi Blog Di Forum Dan Social Bookmark, seperti : Lintas Berita. Selain Dofollow, Lintas Berita ampuh menaikkan Traffic blog kita. Benarkah? Silakan Baca : Lintas Berita Efektif Naikkan Pengunjung Blog Kita.

8. Cari Backlink Dari Blog Dofollow. Komentar di Blog Dofollow, secara otomatis akan mendatangkan Backlink untuk blog kita. Faktor utama dari suatu Pagerank adalah Backlink. Maka cara yang efektif adalah Komentar di Blog Dofollow ini. Apa saja kelebihan dan kekurangan Blog Dofollow dan Blog Lokal apa saja yang termasuk Dofollow? Silakan Baca : Untung Rugi Blog Dofollow dan Daftar Blog Dofollow Indonesia 2010.

9. Optimasi Blog Sobat Dengan Blog Dummy. Apa saja yang dimaksud Blog Dummy? Dan efektifkah Cara Optimasi Blog Dummy ini? Silakan Baca : “Optimasi Blog Dengan Blog Dummy, Efektif?

10. Kumpulkan Backlink Dari Blog Dengan Pagerank Tinggi (Backlink Berkualitas). Kenapa dan Berapa Banyak Jumlah Backlinknya? Silakan Baca : “Membahas Jumlah Backlink Yang Dibutuhkan Blog Untuk Mencapai Pagerank Tinggi

11. Hindari Menyimpan Link hasil Tukaran Link Dalam Satu Halaman. Simpanlah Link hasil tukaran link di sidebar atau footer sobat. Kenapa? Silakan Baca : “Simpanlah Link Sobat Tukaran Link Di Sidebar“.

12. Naikkan Traffic Blog Dengan Rumus Jitu Naikkan Traffic. Silakan Baca : Rumus Jitu Meningkatkan Traffic Blog.

13. Perhatikan Jadwal Update Google Pagerank dan Banyak-banyaklah BERDOA.. Hehehe🙂

Demikian 13 Cara Optimasi Blog yang saya tahu. Mohon masukkan jika ada kekurangan dan kesalahan dari Tips Optimasi Blog ini. Semoga membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Posted in: SEO