6 Dampak Bahaya Letusan Merapi 2010 Bagi Kesehatan

Posted on November 6, 2010

1


6 Dampak Erupsi Merapi Bagi Kesehatan – Sampai hari Sabtu pagi ini (6/11), Gunung Merapi Yogyakarta masih meletus dan menyeburkan awan panas. Walau tidak sebesar letusan pada hari Jumat dini hari, namun Letusan Merapi kali ini mengandung Abu Vulkanik yang tersembur hingga radius puluhan kilometer dari Gunung Merapi. Hujan Debu pun sudah “menempuh rute” yang jauh hingga kota Bandung dan Ciawi (Jawa Barat).

Gunung Merapi yang dianggap sebagai “Gunung Panglima” dari Gunung-Gunung Berapi Indonesia yang lain ini, menimbulkan beberapa Dampak Buruk Bagi Kesehatan, khususnya penduduk yang berada dekat Letusan Gunung maupun di tempat pengungsian.

Menurut keterangan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE pada hari Jumat (5/11), setidaknya ada beberapa Akibat Buruk Letusan Merapi Di Tahun 2010 ini bagi penduduk dan masyarakat sekitar Merapi.

Beliau menyatakan bahwa Dampak Langsung Letusan Merapi bagi masyarakat hasil yang didasarkan reportase Beliau dan Tim di lapangan antara lain :

1. Luka bakar yang diderita pasien. Pasien yang terkena letusan erupsi merapi, banyak yang mengeluhkan sakitnya akibat luka bakar. Luka bakar yang diderita banyak tipe-nya, sesuai dengan derajat parahnya luka bakarnya.

2. Cedera dan penyakit langsung akibat batu, kerikil, larva dan lain-lain. Luka atau Lesi sangat terjadi. Topikal sangatlah berperan untuk kasus ini.

3. Dampak dari abu gunung merapi yaitu berbagai jenis gas seperti Sulfur Dioksida (SO2), gas Hidrogen Sulfida (H2S), Nitrogen Dioksida (NO2), serta debu dalam bentuk partikel debu (Total Suspended Particulate atau Particulate Matter).

4. Memperburukan penyakit yang sudah lama diderita pasien/pengungsi. Penyakit kronis alias menahun yang diderita akan meningkat seiring adanya semburan eru[si merapi ini.

5. Kecelakaan lalu lintas akibat jalan berdebu licin, jatuh karena panik, serta makanan yang terkontaminasi, dan lain-lain.

6. Banyak dari penduduk, terutama sekitar Gunung Merapi yang kehilangan pekerjaan rutin kesehariannya. Bahaya ini jauh lebih penting ketimbang 5 Dampak Bahaya Letusan Merapi ini.

Demikian reportase dampak bahaya letusan Gunung Berapi langsung dari Letusan Gunung Merapi, Yogyakarta. Semoga kita bisa berbagi dengan saudara-saudara kita disana, dengan mengirimkan bantuan baik, materiil maupun spiritual berupa doa.

Posted in: Unik Menarik