Mengenal Lebih Dekat Tokoh Blogger Lokal Indonesia

Posted on November 6, 2010

2


Tokoh Blogger Indonesia – Kegiatan Blogging sangatlah menyenangkan. Bagaimana tidak, saya yang seorang buta dalam dunia internet, kini sedikitnya mengerti beberapa istilah baru yang lazim tersebut dalam dunia internet dan blogging. Sebagai contoh : PayPal, Domain, Bisnis Online, Teknik SEO, Black Hat SEO Technic, Blogosphere dan berbagai istilah dunia maya tersebut.

Saya makin aktif dengan beberapa ruang mengungkapkan pendapat dan berbagi diberbagai Forum. Dari mulai yang namanya forum jual beli sampai dengan forum berbahasa inggris yang mana respondennya berbahasa inggris dalam interaksinya. Contoh : Kaskus, VivaNews sampai BlogCatalog.

Banyak keuntungan yang didapat ketika saya membuka jalan untuk mengenal dunia internet ini. Salah satunya kegiatan Blogging. Kegiatan membuat Weblog, yang berisikan buah fikiran, opini, masukkan, sharing, (ciri Blog Personal) sampai mengenal bagaimana cari uang di internet dengan media Weblog kita (ciri Blog Bisnis).

Nah, untuk menjalankan kegiatan Blogging tadi, setidaknya kita berusaha untuk meniru Blogger-blogger yang sudah sukses dan telah makan asam garam di dunia Blogosphere. Tokoh Blogger Lokal Indonesia ini, telah mengajarkan kepada kita, bagaimana cara kita membuat blog, teknik membuat blog sampai dengan menjadikan blog sumber penghasilan kita. Siapa Tokoh Blogger Indonesia itu? Mari kita menuju ke TKP :

1. Enda Nasution. Bapak Blogger Indonesia sekaligus Chairman PestaBlogger 2007, CEO DagDigDug ini dinobatkan oleh Blogger Indonesia sebagai Lokomotive Blogger di negeri kita ini (Lokal). Ada beberapa cerita tentang mengapa Enda Nasution di sebut sebagai Bapak Blogger Indonesia: Ada bilang karena di masa-masa awal blogosphere hanya Pak Enda lah satu-satunya blogger yang sudah memiliki anak, lalu disebut ‘Bapak Blogger’ dan karena giatnya mengkampanyekan blog hingga julukan tersebut disematkan padanya. Ada juga yang berkata karena peran aktif nya menyuarakan tragedi Tsunami Aceh kepada dunia di tahun 2004 melalui media blog.

Situs beliau adalah http://enda.goblogmedia.com/ dan http://www.politikana.com/.

2. Budi Putra. Indonesian Professional Blogger Pertama, CEO Asia Blogging Network. Menggemparkan blogosphere Indonesia karena keluar dari pekerjaan tetapnya sebagai Wartawan karena lebih memilih menjadi professional Blogger. Di kemudian hari mendirikan jejaring blog indonesia pertama bernama Asia Blogging Network.

Situs beliau adalah http://www.budiputra.com/.

3. Fatih Syuhud. Blogger dari generasi awal yang juga giat mengkampanyekan Bridge Blogging: Ngeblog dalam bahasa Indonesia – Inggris untuk mencakup audience yang lebih luas.

Situs beliau adalah http://fatihsyuhud.com/.

4. Wicaksono “Ndoro Kakung”. Chairman Pesta Blogger 2008. Tidak lengkap membicarakan blogosphere Indonesia tanpa NdoroKakung. Dikenal karena gaya ngeblognya yang unik (Sapaan kisanak di setiap akhir post) dan penyampaiannya yang menarik dalam membahas isu-isu aktual.

Situs beliau adalah http://ndorokakung.com/

5. Raditya Dika. Seleb Blog!. Salah satu orang yang bertanggung jawab atas kian populernya blog. Kambing Jantan, buku yang ditulisnya berdasarkan tulisan-tulisan di blognya yang berisi pengalaman hariannya yang disampaikan dalam gaya yang lucu dan menghibur meledak di pasaran dicetak hingga 25 cetakan lebih. Bahkan dibuat versi komik dan diangkat ke layar lebar. Satu prestasi yang membanggakan.

Situs beliau adalah http://radityadika.com/

6. Ilman Akbar. Pemuda yang secara proaktif dan persuasif mengajak orang untuk ngeblog melalui salah satu blognya: AyoNgeblog.com. Blog yang dengan lantang mengajak dan memotivasi masyarakat untuk ngeblog. Ayo Ngeblog!

Situs beliau adalah http://ayongeblog.com/

7. Cosa Aranda. Blognya merupakan salah satu blog yang mempopulerkan bisnis lewat blog di Indonesia. (Sayang arsip lamanya tidak lagi di publikasikan) Ada banyak blog yang berbicara mengenai menghasilkan uang lewat blog, namun blog-nya adalah salah satu yang terpopuler. Mengingat cukup banyak blogger yang mulai ngeblog karena motivasi finansial, Cosa Aranda turut memiliki peran sentral dalam hal ini.

Situs beliau adalah http://cosaaranda.com/

8. Nukman Lutfie. CEO Virtual Consulting. Virtual Consulting adalah salah satu company Indonesia yang memiliki corporate blog. Pak Nukman Sebagai online strategist juga giat menyuarakan pentingnya social media (blog termasuk social media) untuk pertumbuhan corporate.

Situs beliau adalah http://virtual.co.id/blog/

Selain dari 8 Tokoh Blogger Nasional tersebut diatas, ada juga 12 Blogger Sukses Dunia (Silakan Baca : Mengenal 12 Blogger Sukses Dunia Dan Penghasilannya). Mereka berasal dari beberapa Jenis Blog Yang Ada Didunia Internet yang menjadi ciri blog mereka.

Nah, selamat Blogging ria, apakah sudah tertarik dengan dunia Blogosphere yang menjadi pintu gerbang menuju dunia internet sesungguhnya? Oh iya, saya juga tak lupa mengucapkan Selamat Hari Blogger Yang Ke-3 Tanggal 27 Oktober kemarin. Sukses Blogger Indonesia! Terima kasih.

sumber : Fikri

Posted in: Blogging Tips