Efek Samping Habbatussauda Bahayakan Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Posted on November 12, 2010

3


ibu hamil dan HabbatussaudaEfek Samping Habbatussauda – Walau tanaman obat Jintan Hitam ini adalah membantu menyembuhkan seluruh penyakit, bukan berarti Habbatussauda tidak memiliki efek samping. Mungkin lebih tepat katanya adalah Kontraindikasi.

Di artikel sebelumnya yang berjudul “Habbatussauda Sebagai Penyembuh Seluruh Penyakit Kecuali Kematian“, disebutkan banyak Kegunaan Dari Habbatussauda, antara lain : Membantu menyembuhkan penyakit (rematik, peradangan), menormalkan kolesterol, mengobati penyakit jantung, dsb.

Nah, pada artikel kali ini, saya akan fokus pada Kontraindikasi Habbatussauda untuk Ibu Hamil.

Apakah Habbatussauda Aman Digunakan Untuk Ibu Hamil dan Janin?

Habbatussauda, secara penelitian Tidak Dianjurkan! Untuk Ibu Hamil. Ini didasarkan dari sebuah Penelitian Habbatussauda Terhadap Ibu Hamil.

Reviews ilmiah tersebut berjudul : A Review of Medicinal Uses and Pharmacological Activities of Nigella sativa

Dimana reviews ini dimuat di Pakistan Journal Biological Sciences tahun 2004, yang disusun oleh Anwarul Hasan Gilani, Qaiser Jabeen dan Muhammad Asad Ullah Khan dari Department Biological and Biomedical Sciences, The Aga Khan University Medical College, Karachi, Pakistan.

Di dalam tulisan tersebut disebutkan bahwa Habbatussauda telah lama digunakan sebagai bahan untuk menggugurkan kandungan. Disebutkan juga bahwa penggunaan Habbatussauda untuk menggugurkan kandungan tersebut memakai dosis yang tinggi.

Adapun kutipan dari Review of Uses Nigella sativa : Traditional Medicine, A. Raza dkk, Faculties if Veterinary Science and Basic Science, University of Agriculture, Faisalabad, Pakistan, Int. J. Agri. Biol. Vol I. No. 3 1999. Mengatakan :

“..Abortifacient. Hot water extract of N. sativa in large oral doses causes abortion in human pregnant female. Abortion also results when whole seeds are swallowed in large doses. Its seeds and hot water extract are used as abortifacient in human pregnant female in Unani Medicine (Chopra et al., 1949; Nayar, 1954; Saha et al., 1961; Burkill, 1966; Lemordant, 1971; Malhi & Triredi, 1972; Vohora et al., 1973; Oomachan & Khan, 1981; Bellakhder et al., 1991)..”

Dimana maknanya kurang lebih menyebutkan bahwa ekstrak air panas dari habbatussauda dalam dosis besar bisa menyebabkan aborsi (keguguran) pada wanita hamil. Demikian juga jika mengkonsumsi biji habbatussauda dalam dosis besar akan menyebabkan keguguran/ abortus.

Untuk aman mengkonsumsi Habbatussauda, maka hindari Habbatussauda dari Jangkauan Ibu Hamil dan Janin. Karena efek Aborsi yang akan mungkin terjadi menurut penelitian Jintan Hitam terhadap Ibu Hamil diatas. Demikian artikel ini, semoga membantu. Terima kasih.

Posted in: Tips Kesehatan