Susah Cari Topik Yang Sedang Dicari Pembaca? Tanyakan Google Insights Saja..

Posted on November 12, 2010

5


logo google insightTips Mencari Topik Yang Sering Dicari Orang – Mencari ide baru yang akan dituangkan dalam tulisan kita di blog amatlah susah. Lebih susah dari Tes CPNS DKI Jakarta 2010 ini. Hal ini juga menjadi permasalahan saya dalam Mencari Artikel Untuk Postingan Terbaru blog saya. Namun, semua itu tidak menjadi masalah lagi ketika saya “bertemu” dengan Tools pembantu temukan Keyword buatan Google yakni Google Insights.

Mohon maaf sebelumnya, jika dari beberapa pembaca kurang nyaman dengan susunan kata dalam artikel-artikel blog ini. Mengapa tulisan artikel saya terkadang terbaca “Amburadul” seperti ini?. Blog ini adalah Blog dengan tema “Pharma and Blogging Info“. Yang mengartikan bahwa berita “Pharma“, saya fokus mengulas berita masalah kefarmasian sesuai dengan bidang saya. Dan makna “Blogging Info“, berarti seluruh artikel selain Label Pharma, saya tujukan untuk Belajar Trik SEO semata.

Alhasil, kombinasi Hot Berita + SEO = Artikel Yang AMBURADUL dan Sulit di cerna oleh pembacanya. Tapi keuntungannya adalah mendapat sisi positif dari sisi Google Search Engine (SEO). Berikut adalah beberapa hasil positif dari artikel yang saya posting dari sisi Blogging Trick/SEO :

1. Dari sisi Keyword, saya gunakan “jasa” Google Insight. Tools yang diberikan oleh Google dalam mencari Hot News atau Menemukan Topik Yang Sedang Dicari Oleh Pembaca. Jadi, untuk para sahabat Blogger yang sulit untuk menemukkan ide dalam membuat artikel, silakan pakai Google Insight saja. Contoh artikel dalam blog ini yang memakai jasa Google Insight :

A. “Inilah 5 Maksud Berack Obama Datang Ke Jakarta“. Berita ini saya submit dalam Lintas Berita, alhasil mendapat TOP News Lintas Berita dengan 1,100 Pageviews. Di Google Search, menjadi 10 Pencarian Pertama (Topik/Keyword : Kedatangan Obama Ke Indonesia)

B. “Insiden Tifatul Sembiring Dengan Michelle Obama“. Berita ini juga berdasarkan Hot News di Indonesia. Artikel ini juga kuat dihalaman depan pencarian Google. (Topik/Keyword : Insiden Tifatul Sembiring), dsb.

2. Dari sisi Traffic Blog, hampir setiap hari kini blog saya kebanjiran pengunjung. Lebih kurang 5,000-10,000 Pageviews/hari. Walau berita saya tidak “nongol” di Lintas Berita. Karena faktor “Cipratan” Keyword yang saya titipkan di Social Bookmark Dofollow ber-Pagerank 4 ini. Jadi dari Google/Yahoo/Bing Search Engine, artikel saya menjadi terangkat (Artikel dari Blog maupun yang disumbit ke Lintas Berita)

3. Dari sisi Backlink, banyak backlink menuju Blog saya (Backlink Satu Arah) akibat banyaknya artikel saya yang di Copy dengan menyertakan Sumber dari Blog ini. Selain itu, Social Bookmark Lintas Berita juga Dofollow, dengan artian saya mendapat Backlink otomatis dari LB dgn Pagerank 4.

4. Dari sisi pengetahuan, bahwa Teknik SEO seperti diatas ini, telah membantu saya dalam meng-optimasi salah satu artikel saya yang berjudul “Pasang Iklan Gratis Sebagai Awal Mulai Bisnis Online” dalam Kontes SEO MediaIklanIndonesia.com dan “Nongrong” di posisi 40 Google Search, cuma dalam waktu 2 hari ikutan kontes.

5. Dari sisi komentar, banyaknya komentar yang datang akibat postingan saya yang nongkrong di Top Posisi di Lintas Berita dan Google Search, membuat artikel saya menjadi interaktif.

Jadi, kalau sobat Kebingungan Mencari Topik Artikel, Google Insights saja! Banyak kegunaannya loh.. Selain juga monitor dibeberapa situs berita harian update. Barangkali kita menemukan berita hot, yang kita dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat postingan kita. Trims. (Maaf kepanjangan dan Menjenuhkan!) Hehehe..

Posted in: SEO