Cara Cepat Dan Mudah Agar Blog Serta Artikelnya Diindeks Google

Posted on November 21, 2010

13


mudah diindeks googleTips Mudah Blog Terbaca Mesin Google – Mungkin banyak artikel yang menulis bagaimana mengatasi blog dan artikel yang kita selesai posting segera diindeks mesin pencari, seperti : Google, Yahoo, MSN/Bing, dsb. Namun ada beberapa Tips Sederhana Biar Blog Cepet Diindeks Google, yang mana tips ini adalah resume dari beberapa artikel sejenis yang ada di internet dan hasil pengalaman dari penulis.

Tips dasar yang sederhana ini, semoga mudah dipahami terutama untuk para sahabat blogger yang baru main blog atau sekedar reviews bagi “abang dan nona” blogger senior sekalian (Hehehe.. Saya juga bru belajar ngeblog!). Just sharing aja sich!. Nah, cara yang pertama Agar Blog Serta Artikel Mudah Terindeks Google dan Mesin pencari lainnya adalah :

#DAFTARKAN DULU BLOG SOBAT KE MESIN PENCARI
#

Mungkin yang sudah sahabat blogger tahu, bahwa setelah membuat blog di beberapa hostingan gratis, seperti : Blogspot, WordPress, Blogsome, Multiply, dsb, kegiatan selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendaftarkan Blog yang sobat buat ke mesin pencari terjenal dan sering dipakai orang, a.l. : Google, Yahoo, MSN/Bing. Bagaimana caranya?

Daftar ke mesin pencari Google dan Webmaster.

Cukup dengan membuka halaman ini http://www.google.com/addurl/ kemudian masukkan URL Blog sobat, isi Comment dengan Keyword yang mewakili Blog sobat, entri Verifikasi Kata, Submit. Selesai.

Di Webmaster Google, sobat dapat memasang Metatags dan Sitemap yang diberikan Google. Caranya : Buka http://www.google.com/webmasters/ kemudian Sign In To Webmaster Tools dengan email dan password ketika masuk akun Blogger.

Setelah masuk, silakan klik ADD A SITE, masukkan alamat blog sobat lengkap, cth : http://www.kedaiobat.co.cc/ klik CONTINUE. Sobat akan dibawa ke Dashboard, klik saja Back To Home yang ada disebelah kanan.

Nanti akan muncul alamat Blog sobat, terus klik ADD OR REMOVE OWNERS disampingnya, masuk ke Verfications Details, terus klik VERIFY USING A DIFFERENT METHODE. Pilih Add a meta tag to your site’s home page. Nanti akan muncul METATAG yang diberikan untuk blog sobat. Copy Metatag tersebut dihalaman DESAIN –> EDIT HTML paste-kan setelah <head> . Kemudian di Webmaster, klik VERIFY, beres dech!.

Terus Sitemap nya : Back To Home lagi, kemudian klik Blog sobat, nanti klik SITE CONFIGURATION –> SITEMAPS –> SUBMIT A SITEMAP –> masukkan alamat blog + atom.xml (cth : http://www.kedaiobat.co.cc/atom.xml) –> SUBMIT, Beres dech!

Daftar ke mesin pencari Yahoo dan MSN/Bing.

Di Yahoo, silakan buka alamat https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit (Catatan : Harus punya email Yahoo). Terus SUBMIT A SITE, masukkan lengkap. Terus SUBMIT FEED sekalian, masukkan alamat blog + atom.xml (kayak yang diatas ya..).

Di MSN/Bing, caranya gampang, tinggal sobat buka halaman http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 kemudian masukkan alamat blog lengkap, Verifikasi Kata, Submit.

#LAKUKAN BLOG PING SETIAP SETELAH POSTING SEBUAH ARTIKEL#

Nge-ping adalah kegiatan seperti memberitahukan ke beberapa mesin pencari, bahwa kita baru saja memosting sebuah artikel. Selain mesin pencari, nge-ping juga memberitahukan beberapa Feed Agregator kalau kita habis mosting artikel baru.

Caranya : Buka halaman http://www.pingomatic.com kemudian Masukkan Judul Blog Sobat, alamat lengkap blog sobat, terus Feed URL isi aja sama alamat blog + atom.xml dibelakangnya. Kemudian centang semua tempat tujuan ping dengan klik CHECK LIST ALL, kemudian SUBMIT. Selain Ping-O-Matic, sobat juga bisa nge-ping ke http://ipings.com caranya sama dengan Ping O Matic tadi.

#MASUKKAN MAKSIMAL 3 KEYWORD PADA ARTIKEL POSTINGAN SOBAT
#

Keyword ini dimaksudkan agar Pesan Kunci dari artikel sobat, benar-benar sesuai antara Judul dan Isi Postingan. Contoh Keyword, misalnya sobat membuat judul postingan “Cara Bertenak Tuyul Yang Sukses”. Masukkan kata-kata yang ber-unsur “Cara Bertenak Tuyul Yang Sukses” di isi artikel misalnya dengan kata : “Ternak Tuyul Sukses”, “Cara Agar Ternak Tuyul Sukses”, “Tips Jitu Ternak Tuyul”, dsb. Hubungkan kata-kata Keyword tadi dengan memberi link alamat artikel sobat atau beri saja dengan Huruf Cetak Tebal atau Miring.

#PERBANYAKLAH BLOGWALKING DGN MENEMPATKAN ANCHOR VISITOR DGN NAMA DAN URL BLOG/ARTIKEL SOBAT#

Kegiatan ini selain menambah pengetahuan akan ilmu yang diberikan oleh teman-teman blogger lainnya, ternyata Blogwalking juga sehat dalam menambah Backlink sobat. (Silakan baca : Blogwalking Untuk Naikkan Traffic Blog).

#SUBMIT KE SOCIAL BOOKMARK DAN GABUNG DI FORUM#

Agar mudah terindeks dihalaman pertama Google, salah satunya adalah Submit Ke Social Bookmark dan Forum. (Silakan baca : Promosi Blog Ke Social Bookmark Dan Forum)

Demikian beberapa Tips Sederhana Agar Blog Kita Mudah Terindeks Google dan mesin pencari lainnya. Semoga membantu. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan di form komentar, dan silakan kita berbagi disini. Terima kasih.

Iklan
Posted in: SEO