Kebiasaan Buruk Saat Makan dan Minum Yang Dapat Menggangu Pencernaan

Posted on November 25, 2010

6


makan_dgn_kiriKebisaan Buruk Saat Makan – Kebisaan makan dengan makanan sehat adalah dambaan setiap kita. Bagaimana tidak, makanan sehat akan membantu proses metabolisme tubuh lebih alamiah sesuai dengan struktur bahan yang diperlukan tubuh untuk proses tersebut.

Namun adakalanya, jenis makanan dan kebisaan buruk saat makan yang tidak kita sadari, dapat menggangu proses pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Oleh karenanya, kenali sejak dini, makanan apa yang harus dan tidak boleh dimakan, termasuk kebiasaan buruk apa yang harus kita hindari saat kita makan dan minum.

Kebisaan buruk pada postingan ini lebih kearah tindakan dan kegiatan yang salah kita lakukan dalam mengkonsumsi makanan. Bukan, jenis makanan atau minumannya. Apa saja kebisaan buruk yang tidak kita sadari, yang sering dilakukan dan dapat menggangu proses pencernaan? Mari kita sebutkan satu persatu :

Kebisaan Buruk Pada Saat Makan dan Minum
:

1. Makan Dan Minum Menggunakan Tangan Sebelah Kiri
Makan dengan sebelah kiri ini secara agama, sudah jelas dilarang. Namun, dari sisi kesehatan, ternyata hal ini dapat di terjemahkan ke dalam kata-kata yang bereferensi. Tangan kanan, mengandung bakteri pembusuk. Yang akan membantu proses pembusukan makanan. Membuat kerja dari lambung dan usus kita, lebih ringan. Sedangkan tangan kiri, tidak mengandung bakteri pembusuk. Sebagai contoh : Coba sobat, celupkan tangan kanan sobat kedalam semangkuk sayur, kemudian diamkan. Sayur akan cepat basi, ketimbang jika mencelupkan tangan sebelah kiri kedalamnya. Karena tangan kanan kita, mengandung bakteri pembusuk. Dan di Sunnah-kan loh, makan minum dengan tangan sebelah kanan.

2. Posisi Makan Dan Minum Sambil Berdiri
Telah dijelaskan bahaya makan sambil berdiri di artikel sebelumnya yang berjudul “Kebisaan Buruk Setelah Makan”. Bahaya yang ditimbulkan adalah terganggunya proses pencernaan makanan didalam sistim pencernaan, seperti : lambung, usus halus dan usus besar. Maka, hindarilah makan dan minum sambil berdiri, kalau kita tetap mau sehat.

3. Minum Dengan Tidak Dihirup
Maksudnya, minumlah dengan menggunakan gelas atau wadah lainnya yang dapat membantu air itu masuk kedalam mulut dan kerongkongan dengan cara di isap/dihirup. Jangan melakukan kegiatan minum, seperti dituangkan kedalam mulut, seperti penggunaan kendi untuk meminum. Kegaiatn ini dikhawatirkan, air akan masuk ke dalam slauran pernafasan. Jika air masuk pernafasan, dan air tersebut terjebak dan membanjiri paru-paru, maka akan terjadi Pneumonia.

4. Makan dan Minum Sambil Berjalan
Mungkin ini senada dengan point ke-2, bahwa kegiatan berjalan saat kita makan atau minum akan merusak seluruh oragn pencernaan, diantaranya : mulut, lambung, usus halus, dan usus besar.

5. Berdoalah Sebelum Dan Setelah Makan Atau Minum
Berdoa adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh seluruh Ummat manusia sebagai bentuk rasa meminta dan syukur atas rezeki yang telah diberikan. Berdoa, selain sebagai pengingat kita akan besarnya rezeki yang diberikan kepada kita, ternyata berdoa juga dapat mencegah masuknya makhluk halus/jin/syetan saat kita makan. Dimana makhluk halus tersebut akan membantu kita dalam menghabiskan makanan. Kita kenyang, tapi tidak gemuk-gemuk. Karena makanannya ikut dimakan oleh makhluk halus jahat tadi saat kita lupa membaca doa.

« إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ ».

“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim no. 2020, Bab Adab Makan-Minum dan Hukumnya)

Demikian beberapa Tips Menghindari Kebiasaan Buruk Saat Makan Dan Minum, semoga ada manfaatnya. Terima kasih.

Posted in: Tips Kesehatan